1.
Pengertian pemasaran
Pemasaran berhubungan dengan pasar, karena
pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan
transaksi. Jadi pemasaran adalah proses kegiatan yg rumit dari barang sebelum
produksi sampai bagaimana produksi sampai ditangan konsumen yg menghasilkan
laba perusahaan atau kembalinya modal perusahaan.
Menurut Philip dan Duncan, pemasaran meliputi
semua langkah yg digunakan/diperlukan untuk menempatkan barang-barang berwujud
kepada konsumen.
Menurut American Marketing Association, pemasaran
meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yg diarahkan pada arus aliran barang
dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang
meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan
menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan
manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. pemasaran adalah empat
komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
2.
TUJUAN PEMASARAN
a.
Konsumen potensial mengetahui secara
detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua
permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
b.
Perusahaan dapat menjelaskan secara detail
semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini
meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain
produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai
pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
c.
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian
rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
kegiatan
pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi
pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1. Faktor
mikro yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor
makro yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan
sosial/budaya.
penjual :
1. Tempat
yang strategis (place),
2. Produk
yang bermutu (product),
3. Harga
yang kompetitif (price),
4. Promosi
yang gencar (promotion).
konsumen :
1. Kebutuhan
dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya
konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan
(convenience),
4. Komunikasi
(comunication).
Pemasaran
lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran
tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat
kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
Pandangan
ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu, tempat dimana
produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
Metode pemasaran klasik seperti 4P di atas berlaku juga untuk pemasaran internet, meskipun di internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode lain yang sangat sulit diimplementasikan diluar dunia internet.
3.
Konsep Pemasaran
Suatu
perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya harus efi menjalankan konsep
pemasaran agar keuntungan yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik. Ini
menandakan bahwa kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasi dan
dikelola dengan cara yang labih baik.
Konsep pemasaran bertujuan untuk
memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen. Kegiatan
perusahaan yang berdasar pada konseop pemasaran ini harus diarahkan untuk
memenuhi tujuan perusahaan. Secara definitive dapat dikatakan bahwa konsep
pemasaran adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan
konsumen merupakan syarat ekonomis dan social bagi kelangsungan hisup
perusahaan (Swasta, 1996).
Segmentasi
Pasar
Pasar terdiri
atas pembeli dan pembeli berbeda dalam banyak hal. Pasar dapat dibedakan atau
disegmentasikan dalam berbagai cara. Pasar bisa diartikan sebagai orang-orang
yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk
membelanjakannya. Adapun istilah segmentasi pasar dapat didefinisikan sebagai
berikut :
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat
heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang
bersifat homogen (Swasta,
1996).
Efisiensi
Pemasaran
Efisiensi pemasaran adalah seberapa besar pengorbanan
yang harus dikeluarkan dalam kegiatan pemasaran menunjang hasil yang bisa
didapatkan dari kegiatan pemasaran tersebut. Efisiensi pemasaran dapat dicari dengan menghitung rasio
“keluaran-masukan” dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan. Semakin tinggi nilai rasio
keluaran-masukan, maka pemasaran yang dilakukan semakin efisien. Umumnya efisiensi dapat dicapai dengan salah satu di antara empat cara
berikut :
Ø Keluaran tetap konstan, masukan mengecil
Ø Keluaran meningkat, masukan konstan
Ø Keluaran meningkat dalam kadar yang lebih tinggi dari peningkatan masukan
Ø Keluaran menurun dalam kadar yang lebih rendah dari penurunan masukan
Kesimpulan:
Pemasaran adalah proses penyusunan yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Daftar Pustaka:
Widiyatmini. 1996. Pengantar Bisnis. Jakarta: Universitas Gunadarma
dinanovia.lecture.ub.ac.id/files/2010/05/modul-5.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar