Pengertian Bisnis
Internasional
Merupakan
transaksi bisnis yang kegiatannya melewati batas negara dan perusahaan yang
terlibat di dalamnya adalah perdagangan, lembaga-lembaga pemerintah maupun
investasi internasional.
·
Hakikat bisnis internasional
Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi
bisnis internasional. Adapun transaksi bisnis yang dilakukan oleh suatu Negara
dengan Negara lain yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional
(International Trade). Dilain pihak transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu
perusahaan dalam sutu Negara dengan perusahaan lain atau individu di Negara
lain disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing.
1. Perdagangan internasional
Perdagangan
internasional adalah perdagangan yang
dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar
kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud
dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau
pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara
lain.
2. Pemasaran internasional
Pemasaran
Internasional adalah kegiatan Pemasaran yang melewati
batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas,
dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa
perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.
·
Alasan melaksanakan bisnis internasional
a)
Setiap
negara memiliki sumber daya yang terbatas
b)
Spesialisasi
produksi
c)
Menambahkan
devisa negara
·
Konsep keunggulan absolute
Menurut Adam Smith
Setiap negara akan memperoleh manfaat perdagangan
internasional apabila melakukan spesialisasi pada produk yang mempunyai
efisiensi produksi lebih baik dari negara lain, dan melakukan perdagangan
internasional dengan negara lain yang mempunyai kemampuan spesialisasi pada
produk yang tidak dapat diproduksi di negara tersebut secara efisien.
·
Konsep keunggulan komparatif
Menurut David Ricardo
Keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu Negara mampu
memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara
lainnya.
·
Potensi pasar internasional
Ditentukan
oleh tiga faktor yaitu struktur penduduk, daya beli serta pola konsumsi masyarakat.
Dalam hal pasar Internasional inipun potensi pasar Internasional juga
ditentukan oleh ketiga faktor tersebut hanya saja dalam hal ini diberlakukan
untuk negara lain.
·
Tahap-tahap dalam memasuki bisnis
internasional
Perusahaan yang memasuki bisnis internasional pada umumnya terlibat
atau melibatkan diri secara bertahap dari tahap yang paling sederhana yang
tidak mengandung resiko sampai dengan tahap yang paling kompleks dan mengandung
risiko bisnis yang sangat tinggi.
Berikut tahap-tahapnya, yaitu:
1. Ekspor Insidentil
2. Ekspor Aktif
3. Penjualan Lisensi
4. Franchising
5. Pemasaran di Luar Negeri
6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri
·
Hambatan dalam memasuki binis internasional
a.
Batasan
perdagagan dan tarif bea masuk
b.
Perbedaan
bahasa, sosial budaya
c.
Kondisi
politik, hukun dan peundang-undangan
d.
Hambatan operasional
·
Batasan perdagangan
dan tarif bea masuk
Tarif bea
masuk adalah pajak yang dikenakan terhadap barang yang diperdagangkan baik
barang impor maupun ekspor. Dikenakannya tarif/bea masuk yang tinggi bagi
barang luar negri, maka akan mengakibatkan harga barang tersebut kalah bersaing
dengan harga barang dalam.
·
Perbedaan bahasa, sosial
budaya / cultural
Perbedaan dalam hal bahasa
seringkali merupakan hambatan bagi kelancaran bisnis Internasional , hal ini disebabkan
karena bahasa merupakan alat komunikasi
yang vital baik bahasa lisan maupun bahasa tulis.
Perbedaan bahasa ini tetap merupakan
hambatan yang harus diwaspadai dan dipelajari dengan baik karena suatu ungkapan
dalam suatu bahasa tertentu tidak dapat diungkapkan secara begitu saja.
Perbedaan budaya ataupun
kebiasaan juga perlu diperhatikan. Misalnya orang Jepang memiliki kebiasaan
untuk tidak mau mendekati wanita bila membeli di supermarket , sehingga hal ini
membawa konsekuensi bahwa barang – barang yang berupa alat-alat kosmetik pria
jangan ditempatkan berdekatan dengan kosmetik wanita , sebab tidak akan
didekati oleh pembeli pria.
·
Hambatan politik, hukum dabn
perundang-undangan
Hubungan politik yang kurang
baik antara satu negara dengan negara yang lain juga akan mengakibatkan
terbatasnya hubungan bisnis dari kedua negara tersebut. Sebagai contoh yang
ekstrim Amerika melakukan embargo terhadap komoditi perdagangan dengan negara-negara
Komunis.
·
Hambatan operasional
Masalah operasional yakni transportasi atau
pengangkutan barang yang diperdagangkan tersebut dari negara yang satu ke negara
yang lain. Transportasi seringkali sukar untuk dilakukan karena antara kedua
negara itu belum memiliki jalur pelayaran kapal laut yang reguler.
·
Perusahaan multinasional
Merupakan perusahaan yang berusaha di banyak negara;
perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki
kantor-kantor, pabrik atau kantor
cabang di banyak negara.
·
Jenis-jenis perusahaan multi
nasional
a. Philips dari negeri Belanda
b. Nestle dari Switzerland
c. Unilever dari Belanda dan lnggris
d. Bayer dan Basf
dari Jerman
e. Ciba dari Switzerland
Tidak ada komentar:
Posting Komentar