Minggu, 20 Desember 2015

Tugas 10 : Contoh Kasus Perusahaan di Indonesia yang Mengalami Manajemen Krisis Disebabkan Bencana Alam


Krisis
Banyak faktor yang menyebabkan suatu perusahaan mengalami krisis di dalam manajemennya. Krisis merupakan suatu kejadian besar dan tidak terduga yang memiliki potensi untuk berdampak negatif maupun positif. Kejadian ini bisa menghancurkan organisasi dan karyawan, produk, jasa, kondisi keuangan dan reputasi. Faktor – faktor penyebab krisis ada 9 yaitu :
1.      Krisis karena bencana alam
2.      Krisis karena kecelakaan industri
3.      Krisis karena produk yang kurang sempurna
4.      Krisis karena persepsi publik
5.      Krisis karena hubungan kerja yang buruk
6.      Krisis karena kesalahan strategi bisnis
7.      Krisis karena terkait masalah kriminal
8.      Krisis karena pergantian manajemen
9.      Krisis karena persaingan bisnis

Manajemen Krisis
Manajemen krisis merupakan proses perencanaan strategis terhadap krisis atau titik balik negatif, sebuah proses yang mengubah beberapa resiko dan ketidakpastian dari keadaan negatif dan berusaha agar organisasi dapat mengendalikan sendiri aktivitasnya. Manajemen krisis yang efektif tidak hanya meredakan atau mengakhiri krisis tapi juga ada kalanya dapat memberikan organisasi reputasi yang lebih positif dari sebelum terjadi krisis.

Kasus Krisis Karena Bencana Alam
Meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010. Letusan ini merupakan letusan yang lebih dahsyat dibandingkan dengan letusan – letusan sebelumnya. Dengan adanya bencana tersebut, menyebabkan terjadinya penurunan jumlah pengunjung di beberapa tempat wisata di Yogyakarta. Gembira Loka Zoo merupakan salah satu sektor pariwisata di Yogyakarta yang merasakan krisis akibat bencana alam ini pada tahun 2010. Salah satu tempat wisata andalan yang berlokasi di Jalan Kebun Raya No. 2 – Yogyakarta (55171), sempat mengalami penrurunan jumlah pengunjung. Dapat terlihat adanya penurunan jumlah pengunjung terhitung dari bulan Oktober 2010. Erupsi merapi yang terjadi pada bulan September – Oktober 2010 sedikitnya berdampak bagi Gembira Loka Zoo. Pada bulan September 2010 jumlah pengunjung Gembira Loka Zoo mencapai angka 136.205 jiwa. Di bulan Oktober dimana erupsi masih terjadi jumlah pengunjung menurun hingga 53.238 jiwa. Walaupun erupsi merapi sudah mereda, namun efek yang ditimbulkan masih berdampak. Hal ini terlihat dengan semakin menurunya jumlah pengunjung hingga 19.967 jiwa. Baru di bulan Desember, usaha pengembalian citra dilakukan Gembira Loka Zoo membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengunjung hingga 88.732 jiwa dan tetap dipertahankan hingga awal tahun 2011. Adanya usaha pemulihan yang dilakukan oleh pihak Gembira Loka Zoo terlihat dalam  perbandingan jumlah pengunjung pada tahun dimana bencana itu terjadi yaitu tahun 2010 dengan tahun 2011.

Analisis
Setiap perusahaan sebenarnya dapat mengalami krisis. Dan krisis yang dialami oleh Gembira Loka Zoo disebabkan karena bencana alam. (Afdhal, 2008:102) Untuk mengubah krisis menjadi peluang diperlukan persiapan yang matang, termasuk peningkatan kemampuan staff, implementasi dari rencana harus didesain dengan baik. 
Menurut pendapat saya : Dengan meningkatnya jumlah pengunjung pada tahun 2011 menandakan adanya upaya pemulihan yang dilakukan oleh pihak Gembira Loka Zoo. Dalam hal ini Humas yang berperan penting (sebagai tekinis maupun manajer), sangat berpengaruh pada setiap pengambilan keputusan dalam upaya manajemen krisis yang terjadi di Gembira Loka Zoo dan sangat memberi andil besar dalam usaha penanggulangan krisis, serta berperan dalam mengelola manajemen krisis untuk mengembalikan citra perusahaan dalam meningkatkan pengunjung pasca erupsi merapi tahun 2010. Sehingga bagi Gembira Loka Zoo, sebaiknya dilakukan pembagian – pembagian tugas atau pengelompokkan – pengelompokan divisi penangan krisis darurat, agar krisis lebih efektif lagi dalam menanggulanginya dan lebih cepat pulih.

Referensi :
Afdhal, Ahmad Fuad. 2008. Tips & Trik Public Relation. Jakarta : Gramedia
https://www.google.com/url?url=https://forumkuliah.wordpress.com/2009/01/20/definisi-krisis.html
http://www.google.com/url?url=http://kbbi.web.id.html
http://repository.upnyk.ac.id/1302/1/SKRIPSI.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar