cursors

Text Select - Hello Kitty

Sabtu, 20 April 2013

#TGS3 Perekonomian Indonesia - Pembangunan Daerah Papua

PEMEKARAN PAPUA JALAN PINTAS MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN DAERAH

Kompasiana – 11032013
Ditinjau dari provinsi Papua Barat yang ber ibukota Manokwari dengan luas daerahnya 115.363,50 km2 setelah memekarkan diri dari wilayah Papua. Menjadi provinsi Indonesia ke-31 pada tanggal 21 November 2001.
            Sekarang Papua Barat sudah tersohor kemancanegara lainnya, karena terkenal dengan tempat pariwisata daerah, seperti contohnya: keindahan pulau - pulau diKepulauan Kab. Raja Ampat yang memukai dan memikat turis untuk berliburan kesana.
Memang diakui Papua Barat mempunyai potensi kekayaan hayati flora dan fauna, karena itu Pemerintah Daerah setempat dengan melibatkan pemuka adat dan masyarakat untuk mengelola kekayaan alamnya. Demi untuk meningkatkan dan membangun perekonomian kesejahteraan masyarakat di Papua Barat khususnya. Hal ini membuat investor luarpun berminat untuk menanamkan modalnya disana. Sepertipembangunan perhotelan dan sarana tempat hiburan lainnya.
Dengan Otsus (Otonomi Khusus) sudah ada kelihatan perkembangan perekonomian daerahnya. Mungkin untuk kedepannya Papua Barat akan terus mengejar dan suatu saat nanti daerah ini optimis akan menjadi provinsi teratas tingkat perekonomian di Indonesia.
Oleh sebab itu, pemekaran di wilayah Papua dengan adanya Otsus daerah, merupakan cara yang terbaik untuk mempercepat perkembangan perekonomian masyarakatnya, demi untuk pembangunan kawasan timur wilayah Indonesia.
Dengan adanya Otsus dan pemekaran wilayah, pembangunan kawasan Indonesia Timur khusus nya Papua, dapat dilakukan secara merata. Karena masing-masing Provinsi yang dimekarkan dapat mengajukan anggaran untuk pembangunan daerahnya.

Menurut pandangan/pendapat saya adalah
Pemekaran wilayah bertujuan untuk sebagai salah satu langkah cepat atau solusi memajukan wilayah kawasan Indonesia yang luas daerahnya, agar tidak ketinggalan dari daerah lainnya
Pemekaran wilayah dan pembangunan kawasan Papua Barat belum baik. Maka dari itu pemerintah daerah mengajak pemuka adat dan masyarakatnya untuk segera melakukan pemekaran wilayah. Sayang sekali jika tidak dilakukan hal itu. 
Karena saat ini Papua sudah terkenal di Indonesia, bahkan ke Mancanegara dimana dengan mempunyai potensi keindahan  pulau-pulau di Kepulauan Kab. Raja Ampat sebagai tempat pariwisata dan kekayaan hayati flora dan fauna.
Selain itu juga Kab. Raja Ampat mempunyai kekayaan alam (menurut Bappeda Papua), seperti: Pertambangan di Pulau Salawati terdapat pertambangan batubara dan migas, Waigeo dan Gag terdapat nikel, Batanta dan Misool terdapat emas dan bahan baku semen. Kekayaan laut yang tak kalah banyak, seperti pengembangan perekonomian masyarakatnya dengan potensi perikanan yang terdapat di kepulauan Ayau, Waigeo, Batanta, Salawati dan Kofiau.
Disamping itu, pemerintah daerah berusaha untuk mengembangkan potensi perkebunan kelapa dalam dan kelapa sawit yang akan dipusatkan di Pulau Pam, Kofiau dan Salawati.
Seharusnya pemerintah pusat ikut membantu dan berusaha untuk memajukan dan mempromosikan daerah Papua Barat tersebut ke Mancanegara, yang kaya akan kekayaan alam, kekaayan hayati flora dan fauna, serta keindahan pulau-pulaunya. Patut berbanggalah masyarakat Papua Barat dan masyarakat Indonesia, mempunyai alam daerahnya yang masih asri hijau membentang luas.
Untuk itu khusus di Papua, masyarakatnya harus terus membenahi diri dan mengajukan permohonan pemekaran wilayahnya secepatnya. Supaya untuk mengerakan roda pembangunan daerahnya, bisa terlaksanakan dengan segera dan terarah dari bantuan pemerintahan pusat untuk masing-masing daerah nya.
Jika masyarakat Papua, menolak pemekaran wilayahnya berarti memperlambat laju roda pergerakan pembangunan perekonomian daerahnya sendiri. Dengan kesadaran dari masyarakatlah untuk bisa memberantas kemiskinan dan kebodohan masyarakatnya. 

Sabtu, 06 April 2013

#TGS2 Perekonomian Indonesia - Perkembangan Perekonomian Indonesia yang Sedang Fenomenal


Artikel: ‘Ekonomi Komodo’ Tangguh Hadapi Tantangan Pasar Global
Koran Sindo- Si ‘Ekonomi Komodo’, begitulah julukan yang diberikan The Economist untuk menggambarkan perekonomian Indonesia, yaitu perekonomian yang tangguh, ‘berkulit tebal’, fleksibel, cepat dan tangkas. Saat pertumbuhan ekonomi global sedang melesu, Indonesia diprediksikan akan menjadi salah satu negara yang perekonomiannya stabil dan meningkat.
Kita boleh berbangga diri karena tahun lalu prestasi Indonesia boleh dikatakan cukup fenomenal. Selain berhasil meraih peringkat Investment Grade yang membuka pintu seluas-luasnya kepada para investor, PDB Indonesia juga sekarang telah melampaui angka USD 1 triliun – suatu pencapaian yang mustahil diraih tanpa ketangguhan, ketangkasan, dan landasan fundamental perekonomian yang kuat.
Namun, kita tidak boleh lengah. Semua pencapaian itu masih rentan terguncang oleh perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Bagaimana seharusnya strategi Indonesia menghadapi potret perekonomian dunia yang suram tahun ini? Apa saja yang menjadi kekuatan Indonesia? Dan apa yang masih menjadi catatan pekerjaan rumah bagi kita? Semua pertanyaan tersebut dibahas dalam seminar tahunan ‘Citi Indonesia Economic & Political Outlook’ yang kembali hadir dengan tema ‘Indonesia 2012: Surfing in the Middle of the Tide’ (11/4).
Untuk mengulas tema tersebut, Citi Indonesia tidak tanggung-tanggung dan menghadirkan para pakar yang sangat ahli di bidangnya untuk berbagi pandangan mereka. Para pembicara yang hadir adalah: Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan Republik Indonesia; Chairul Tanjung, Ketua Komite Ekonomi Nasional; Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina; Tigor Siahaan, Citi Country Officer Indonesia; Johanna Chua, Head of Asia Pacific Economic and Market Analysis di Citigroup Global Markets Asia; dan Ferry Wong, Head of Indonesia Research di Citi Investment Research and Analysis.
Semua pembicara menyampaikan pandangan yang berbeda-beda, tetapi mereka semua sepakat bahwa meski Indonesia bisa optimis menghadapi goncangan ekonomi global karena kita sudah memiliki struktur fundamental perekonomian yang baik, tetapi harus tetap waspada dengan kenaikan inflasi jangka pendek dan menyusun strategi jangka panjang untuk mempertahankan pertumbuhan yang linear.
“Tantangannya adalah apakah kita bisa mempertahankan pertumbuhan yang linear. Kunci utama mempertahankan pertumbuhan ekonomi terletak pada demografi penduduk Indonesia yang sebagian besar komposisinya adalah pemuda dibawah usia 29 tahun. Oleh karena itu, inti dari keberhasilan upaya tersebut akan sangat bergantung pada keberhasilan sektor pendidikan,” ujar Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan, “Pendidikan penting karena kemajuan perekonomian Indonesia juga akan bergantung dari kemajuan industrialisasi. Bukan hanya mengekspor bahan mentah, tetapi juga mengekspor barang yang telah mendapat nilai tambah dari proses produksi.

Menurut Pandangan/Pendapat saya:

Julukan “Ekonomi Komodo” untuk Indonesia sudah pantas karena pada saat perekonomian global sedang anjlok namun, pada saat bersamaan perekonomian Indonesia justru meningkat. Karena memasuki tahun 2013, PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia diperkirakan 1 Triliun USD. Gara-gara angka tersebut banyak orang terkesima dengan performa ekonomi Indonesia. Dan banyak yang mengira, dengan pertumbuhan ekonomi sepesat itu, bangsa dan negara Indonesia sudah sejahtera.
Faktanya adalah berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS) tingkat kesenjangan ekonomi pada tahun 2011 meningkat sebesar 0,41 dari tahun 2005 sebesar 0,33. Data lain juga menunjukkan bahwa kekayaan 40 orang terkaya Indonesia mencapai 680 Triliun (71,3 miliar USD) atau setara dengan 10,33% PDB.
Menurut para pembicara di atas sudah jelas mengenai perekonomian Indonesia saat ini. Mereka juga sudah memaparkan pandangannya masing-masing dalam seminar tersebut. Dan salah satu hal yang membedakan perekonomian Indonesia dari negara lain yaitu terletak pada resiliensi domestik dan kekuatan konsumsi domestik. Dengan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang pesat, maka permintaan akan produk-produk (barang) dan jasa yang berkualitas pun meningkat, sehingga terciptalah pasar bagi hasil produksi dalam negeri.
Artikel di atas juga menjelaskan mengenai sektor pendidikan. Jika Indonesia pendidikannya maju, maka kelas menegah pun akan terus bertumbuh dan pasar domestik bisa terus berkembang. Maka dari itu pemerintah telah mengharuskan wajib belajar 12 tahun dan menggratiskan biaya sekolah bagi anak-anak yang tidak mampu dan putus sekolah (masyarakat menengah ke bawah). Selain itu juga Indonesia memiliki peluang yang besar dalam merevitalisasi industrinya, terutama pada industri manufaktur (industri yang memproduksi barang dengan menggunakan mesin atau tangan) yang menargetkan pasar domestik.
Bukan hanya sektor pendidikan saja namun, sektor informal juga diperhatikan karena mayoritas masyarakat Indonesia (75%) bekerja di sektor informal. Maka dari itu, presiden dan pemerintah perlu memberikan perlindungan hukum dan jaminan sosial, agar pengangguran dan kemiskinan tidak melonjak naik dan terjadi lagi di Indonesia. Percuma kalau Indonesia mendapatkan julukan “Ekonomi Komodo” tapi masih ada sektor yang tertinggal. Untuk itu pemerintah harus lebih teliti lagi, jangan hanya terpaku oleh beberapa sektor saja, tetapi dilihat dan ditangani secara keseluruhan.
Indonesia juga mempunyai pekerjaan rumah dalam hal menumbuhkan good governance (tata pemerintahan), antara lain dengan mengurangi biaya tak terduga, beban bea cukai dan meningkatkan transparasi pembuatan kebijakan. Dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di tengah perekonomian global - Indonesia harus terus maju, tangkas, tangguh dan tak mudah tergoyahkan.